Coba Kunjungi 7 Tempat Wisata Religi di Baitullah, Agar Ibadah Umrah Semakin Berkesan

Kategori : Umrah, Wisata, Ditulis pada : 29 Januari 2024, 11:50:28

Siapa yang tidak ingin melaksanakan ibadah ke tanah suci? Setiap muslim pasti ingin merasakan menjalani rangkaian ibadah haji ataupun umrah di tanah suci. Kerinduan akan tanah yang menjadi saksi sejarah peradaban Islam itu, tentu ada dalam hati para mukminin. Setiap tahun, ribuan bahkan jutaan umat muslim datang mengunjungi Ka’bah untuk menjalankan rukun Islam yang kelima tersebut.

Perjalanan umrah akan semakin lengkap bila Anda menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa tempat wisata religi di kota Makkah dan Madinah. Pastinya, wisata religi ini bisa Anda jalani setelah melaksanakan keseluruhan rangkaian ibadah umrah.

Niat utama mengunjungi Baitullah adalah untuk beribadah. Adapun rencana mengunjungi tempat wisata religi merupakan tambahan untuk semakin meningkatkan keimanan dan semangat dalam beribadah. Sekaligus mengenang masa kejayaan Islam dengan melihat secara langsung lokasi bersejarah yang ada di sana.

Nah, berikut ini tujuh tujuan wisata religi yang dapat Anda datangi selepas umrah saat berada di tanah suci. Yuk, simak selengkapnya!

Jabal Rahmah

Jabal Rahmah adalah tempat yang mempunyai nilai historis, yaitu tempat pertama bertemunya Nabi Adam dan Hawa setelah sekian lama turun ke bumi. Tidak heran, begitu banyak umat Islam yang berkunjung ke Jabal Rahmah untuk menyaksikan secara langsung Jabal Rahmah.

Ciri khusus yang berada di Jabal Rahmah ini, Anda dapat menemukan tugu persegi panjang dengan warna putih di atas bukit. Tugu beton tesebut menjulang setinggi sekitar 8 meter. Untuk mencapai puncak bukit Jabal Rahmah, Anda harus naik setinggi 70 meter yang hanya dapat dilalui dengan cara berjalan. Jadi, pastikan Anda memiliki fisik yang kuat ya!

Gunung Uhud

Tempat yang kedua yaitu Gunung Uhud. Masih ingatkah Anda tentang kisah Perang Uhud? Ya, Perang Uhud merupakan perang yang sangat fenomenal di zaman Rasulullah. Karena pada waktu itu terjadi peperangan antara umat Islam dan kaum kafir Quraisy di Gunung Uhud. Umat Islam terpukul karena mengalami kekalahan.

31.jpg

Photo by Sulthan Auliya on Unsplash

Tentunya, banyak pelajaran atas kekalahan umat Islam pada waktu itu. Yaitu, dalam perang harus tunduk pada perintah panglima perang yang ketika itu dipimpin oleh Rasulullah. Karena tidak taat, maka akan mudah dikelabuhi oleh musuh. waktu itu, kaum kafir Quraisy dipimpin salah satu panglima perang paling baik yaitu Khalid bin Walid, yang nanti akhirnya masuk Islam. Bahkan, ia mendapat Gelar Syaifullah yang artinya pedang Allah.

Gunung setinggi kurang lebih 350 meter ini terletak di sebelah utara kota Madinah. Anda bisa singgah di Masjid Al Fash, sekaligus berkunjung ke makam para sahabat Nabi yang gugur saat perang Uhud. Di tempat ini juga terdapat tempat Rasulullah melaksanakan shalat setelah perang Uhud.

Masjid Quba’

Tempat berikutnya yaitu Masjid Quba’. Masjid Quba merupakan masjid yang dibangun oleh Nabi SAW saat hijrah yaitu pada tahun 1 Hijriyah atau tahun 622 Masehi. Masjid Quba juga menjadi masjid pertama umat Islam yang dipakai untuk Shalat Jumat. Sehingga, banyak umat Islam yang ingin berkunjung di masjid bersejarah tersebut ketika umrah.

32.jpg

Photo by Hasan Taha on Unsplash

Masjid Quba terlihat megah dengan dominasi warna putih sebagai identitasnya. Ada 3 pintu sebagai akses keluar masuk di Masjid Quba. Pada area tengah, Anda bisa menemukan sumur serta tempat wudhu (sahn), sedangkan di bagian luar masjid Anda dapat membeli aneka macam kurma untuk buah tangan. Masjid ini terus mengalami pemugaran, sehingga masih tetap berdiri kokoh sampai saat ini. Jadi, sempatkan untuk mampir ke sini ya, saat melaksanakan ibadah umrah.

Gua Hira’

Gua Hira’ merupakan tempat di mana Rasulullah SAW menerima wahyu pertama kali. Anda juga dapat menyaksikan secara langsung Gua Hira’ dari dekat, namun Anda harus dalam kondisi fisik yang fit untuk mencapai tempat ini. Sebab, jalan menuju Gua Hira’ melewati tebing yang cukup curam. Jangan lewatkan mampir ke Gua Hira’ sesudah melaksanakan rukun umrah agar mendapatkan pengalaman yang berkesan.

Masjidil Haram

Saat menunaikan umrah, dapat dipastikan Anda selalu mengunjungi Masjidil Haram yang berlokasi di Kota Makkah. Sebab mayoritas rukun umrah dilaksanakan di Masjidil Haram, mulai dari thawaf, sai, dan tahallul. Anda juga mendapat kesempatan berdoa di tempat-tempat mustajab antara lain Hijr Ismail yang terletak di dekat bangunan Ka’bah. Rasakan nikmatnya beribadah dan beri’tikaf ketika berkunjung ke Masjidil Haram.

Masjid Nabawi

Masjid lain yang wajib Anda singgahi yaitu Masjid Nabawi. Masjid yang bertempat di Kota Madinah ini merupakan masjid utama yang digunakan oleh Rasulullah selama menyebarkan agama Islam di Madinah. Dahulu, Masjid ini masih di area kediaman Rasulullah. Bahkan, Rasulullah juga dimakamkan di area masjid Nabawi.

33.jpg

 Photo by Afif Kusuma on Unsplash

Kerinduan kepada Rasulullah dapat terobati saat Anda berada di Masjid Nabawi. Masjid yang disebut masuk salah satu masjid terbesar di dunia ini selalu ramai oleh para jamaah umrah. Anda bisa mengunjungi Raudhah, salah satu tempat yang paling mustajab untuk memanjatkan doa.

Jannatul Baqi

Bagi Anda yang ingin berziarah makam, bisa berkunjung ke Jannatul Baqi di Kota Madinah. Di sanalah tempat dimakamkannya mayoritas sahabat Rasulullah. Di lokasi yang dijuluki Tree Garden of  Heaven (Jannatul Baqi’) ini Anda bisa mendoakan para sahabat yang dimakamkan di sana.

Jabal Tsur

Selanjutnya, tempat dengan nama yang tak asing lagi yakni Jabal Tsur. Ya, di tempat ini terdapat tempat bersejarah yaitu Gua Tsur, tempat Nabu SAW bersembunyi selama 3 hari bersama sahabatnya yaitu Abu Bakar saat hijrah ke Madinah. Anda dapat menjadikan Jabal Tsur sebagai pilihan tempat untuk dikunjungi ketika umrah.

Pasar Ja’fariyah

Terakhir, tak lengkap rasanya umrah tanpa membeli oleh-oleh saat pulang ke tanah air. Anda dapat mengunjungi Pasar Ja’fariyah yang terletak satu kilometer dari Masjidil Haram. Anda dapat berbelanja aneka camilan seperti kurma, kismis, dan sebagainya. Ada juga cinderamata seperti tasbih dan sajadah yang dapat Anda bawa untuk oleh-oleh keluarga dan sahabat.

Nah, itu dia 7 tempat wisata religi yang dapat Anda kunjungi setelah melaksanakan ibadah umrah. Semoga umrah Anda diterima, serta bisa merasakan perjalanan yang semakin berkesan dengan mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id