7 Tips Persiapan Ibadah Umrah Sekeluarga

Kategori : Umrah, tips, Ditulis pada : 29 Januari 2024, 11:50:47

Bagi kaum muslim, melaksanakan ibadah umrah adalah hal yang diimpikan. Banyak keutamaan yang ada pada ibadah umrah, diantaranya Anda akan menjadi ‘tamu di rumah Allah|Baitullah’ di tanah suci yakni kota Makkah dan Madinah. Anda dapat melaksanakan ibadah dengan tenang dan khusyu’ di Masjidil Haram, lebih mendekatkan diri dengan Allah, mendapat pahala yang berlipat ganda, memanjatkan doa di tempat yang mustajab, berkunjung ke makam Nabi Muhammad SAW di Masjid Nabawi, dan masih banyak lagi keistimewaan yang akan Anda dapatkan.

22.jpg

Photo by Octav Cado on Unsplash

Apalagi jika bisa melaksanakannya bersama keluarga tersayang, tentu lebih menggermbirakan. Merasakan beribadah di Baitullah dengan orangtua, suami atau istri, bahkan dengan anak-anak. Tentunya, banyak persiapan yang wajib dilakukan supaya perjalanan umrah dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan.

Nah, bagi Anda yang ingin beribadah umrah bersama keluarga, berikut ini akan kita berikan beberapa tips persiapan umrah bersama. Yuk, simak selengkapnya!

Niat Umrah Sekeluarga

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah berniat untuk melaksanakan ibadah umrah. Tentu, Anda harus berkomunikasi dengan anggota keluarga Anda agar bersama-sama berniat untuk pergi beribadah umrah. Kesamaan niat tersebut akan lebih mewujudkan impian Anda untuk dapat beribadah umrah bersama keluarga.

Bayangkan, apabila hanya Anda yang berniat untuk umrah, sedangkan istri atau anak Anda ternyata yang belum memiliki niat umrah. Ingat, pergi beribadah ke Baitullah tak hanya soal kesiapan materi, tetapi juga kesiapan batin. Dan Allah hanya ‘mengundang’ seorang muslim yang telah memiliki dua kesiapan tersebut.

Jadi, cek apakah Anda dan keluarga telah sama-sama memiliki niat untuk beribadah umrah ya!

Persiapkan Dana yang Cukup

Niat saja tak cukup, maka harus dibarengi dengan usaha yaitu menyiapkan sejumlah dana yang bisa menghantarkan Anda sekeluarga berangkat umrah. Apalagi jika yang pergi dua orang atau lebih, semakin banyak jumlah keluarga yang ikut, maka biaya yang harus dibayarkan juga semakin tinggi. Maka, Anda perlu menganggarkan untuk persiapan dana tersebut.

23.jpg

Photo by Micheile Henderson on Unsplash

Misalnya dengan membuat tabungan umrah. Hitung berapa anggaran dana yang dibutuhkan untuk bisa berangkat umrah bersama keluarga. Jika rata-rata biaya yang dikeluarkan untuk umrah kurang lebih 25 juta rupiah, tinggal dikalikan dengan berapa jumlah anggota keluarga yang ikut. Anda dapat mencari paket-paket umrah keluarga yang bisa menghemat biaya yang harus Anda keluarkan.

Tentu saja, Anda bisa memulai tabungan umrah dengan jumlah semampu Anda diawal. Dengan cara ini, Anda telah menunjukkan ikhtiar dan kesungguhan Anda dihadapan Allah supaya dimampukan untuk menunaikan umrah. Bukankah Allah yang Maha Mencukupkan? Sudah banyak kisah, bagaimana Allah memampukan siapa saja yang Dia undang ke Baitullah. Dan berapa banyak orang yang sebetulnya mampu, tapi tak mendapat kesempatan pergi umrah?

Melengkapi Dokumen dan Paspor

Semakin banyak anggota keluarga yang ikut dalam perjalanan umrah, maka semakin banyak pula dokumen yang harus Anda persiapkan. Sebaiknya, cari tahu dan catat dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftarkan diri menjadi calon jamaah umrah. Anda dapat mencari informasi yang lengkap di internet, atau bertanya ke biro travel umrah yang Anda percaya.

Kenapa Anda perlu mencatat dokumen yang diperlukan? Agar Anda tidak perlu bolak-balik ketika mengurus dokumen Anda dan keluarga. Tulislah ceklist yang memudahkan Anda mengecek apakah dokumen yang dibutuhkan sudah komplit atau belum. Anda juga perlu membuat paspor sebelumnya, sebab hal tersebut juga memakan waktu. Persiapan yang sungguh-sungguh akan mempermudah Anda sekeluarga untuk melaksanakan umrah dengan lancar.

Mengecek Kondisi Kesehatan Anggota Keluarga

Kesehatan fisik sangatlah perlu untuk dipastikan, sebelum menunaikan umrah bersama keluarga. Sebab sebagian besar kegiatan, baik itu rukun maupun ibadah lain di Baitullah merupakan ibadah fisik yang butuh kondisi tubuh yang kuat. Belum lagi perjalanan Indonesia-Makkah, Makkah-Madinah, dan seterusnya yang juga membutuhkan tenaga.

21.jpg

Photo by Naassom Azevedo on Unsplash

Tidak hanya kesehatan pribadi, tapi setiap anggota keluarga perlu dipastikan kondisi kesehatannya. Ketahui, apakah anggota keluarga ada yang mempunyai riwayat sakit, alergi, atau penyakit kambuhan jadi dapat diurus oleh anggota keluarga lain yang berangkat bersamanya. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dan memeriksakan kondisi kesehatan secara menyeluruh sebelum berangkat ibadah umrah.

Menentukan Waktu Umrah yang Tepat

Dikarenakan jadwal kegiatan yang tidak sama, seperti orangtua yang harus pergi kerja, anak yang masuk sekolah, dan seterusnya maka dibutuhkan pemilihan waktu yang pas untuk berangkat umrah sekeluarga. Jangan sampai waktunya bentrok, sehingga kegiatan utama justru terabaikan.

Anda bisa memilih waktu-waktu seperti libur sekolah anak-anak saat kenaikan kelas, liburan akhir dan awal tahun, cuti kerja, sebelum dan setelah musim haji ( agar tak terlalu ramai) atau saat bulan Ramadhan. Agendakan waktu khusus yang disepakati agar dapat dijalani oleh semua anggota keluarga.

Persiapkan Barang yang Akan Dibawa

Nah, jika kesiapan dokumen sudah lengkap, waktu umrah juga sudah ditentukan, saatnya Anda menyempatkan waktu membuat daftar barang yang Anda dan keluarga butuhkan. Saat mempersiapkan barang bawaan, pasti semua tampak penting untuk dibawa. Sehingga Anda tidak menyadari bahwa barang bawaan Anda sangat banyak bahkan tidak muat melebihi daya tampung bagasi pesawat Anda.

Oleh karena itu, Anda harus serius memikirkan prioritas barang yang penting Anda bawa. Pastikan membawa yang penting saja, ingat bahwa Anda bukan pindahan selamanya namun hanya melakukan perjalanan ibadah umrah. Lihat berapa bagasi yang tersedia untuk Anda. Pertimbangkan pula bahwa sepulang dari tanah suci, Anda butuh ruang jika Anda membeli oleh-oleh khas Arab untuk dibawa ke tanah air.

Perbanyak Berdoa dan Rajin Bersedekah

Tips terakhir yang tak kalah penting adalah perbanyak berdoa kepada Allah SWT, agar harapan Anda tercapai untuk bisa melaksanakan ibadah umrah ke tanah suci bersama keluarga. Tugas Anda terus berusaha, akan tetapi Allah yang berhak menjadi penentu apakah Anda layak untuk diundang ke rumah Allah sebagai tamu-Nya.

24.jpg

Photo by Annie Spratt on Unsplash

Tidak cukup berdoa saja, wujud ikhtiar Anda juga bisa dengan cara rajin bersedekah supaya Allah mudahkan urusan Anda. Sehingga melancarkan proses Anda dalam menunaikan ibadah umrah. Yakinlah bahwa Allah tak akan menyia-nyiakan usaha hamba-Nya yang serius dalam rangka menjalankan ibadah.

Itu tadi 7 tips persiapan ibadah umrah sekeluarga yang bisa Anda terapkan. Semoga dapat memperkuat niat dan menambah semangat Anda dalam menjalankan ibadah ke Baitullah bersama orang-orang tercinta. Selamat mencoba!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id