Tips Nyaman & Menyenangkan Saat Umrah dengan Balita

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 02 Februari 2024, 07:58:58

Ibadah umrah bersama balita merupakan pengalaman seru yang bisa Anda dapatkan bersama keluarga tercinta. Alhamdulillah, saat ini Anda diperbolehkan mengajak anak-anak ikut berumrah, bahkan yang  usianya kurang dari dua tahun.

Beribadah umrah bersama balita mempunyai manfaat yang besar, seperti menghadirkan pengalaman spiritual bagi anak Anda. Selain itu, orang tua juga dapat melatih kesabaran serta merasakan sedikit “kerepotan” ketika harus beribadah umrah sekaligus menjaga ananda.

pexels-muhammad-khawar-nazir-18996589.jpg

Foto oleh Muhammad Khawar Nazir: https://www.pexels.com/id-id/foto/kota-duduk-orang-banyak-agama-18996589/

Oleh karena itu, kami akan berikan sedikit tips nyaman & menyenangkan saat umrah bersama balita. Anda dapat tetap menikmati perjalanan umrah walaupun berangkat bersama dengan balita atau anak Anda bila sudah melakukan persiapan yang cukup matang sebelumnya.

Yuk, kita pelajari apa saja tips agar nyaman berumrah bersama ananda tercinta!

Niat Umrah untuk Mendekatkan Keluarga kepada Allah SWT

Niat adalah bagian penting yang harus dijaga oleh ayah dan bunda yang membawa anak ikut serta ke Baitullah. Niatkanlah umrah bersama keluarga untuk meraih ridha Allah SWT. Kuatkan niat agar menjadi keluarga yang diberkahi oleh Allah dengan upaya beribadah ke tanah suci, sehingga Allah akan menjaga ibadah Anda agar senantiasa lancar dan terjaga dari segala kesulitan yang mungkin ada selama ibadah umrah.

Lengkapi Dokumen Administrasi Si Kecil

Ada beberapa hal yang harus Anda siapkan terkait dokumen administrasi ananda untuk bisa berumrah bersama Anda. Siapkan paspor, visa, akte, KIA, hingga surat keterangan anak di bawah umur, agar jika sewaktu-waktu diperlukan Anda bisa menunjukkannya kepada petugas berwenang.

Anda bisa berkonsultasi dengan pihak travel terkait dokumen yang dibutuhkan untuk umrah bareng anak Anda, serta perlengkapan yang harus dibawa agar perjalanan Anda sekeluarga makin tenang dan nyaman.

Mengurus Surat Vaksin Meningitis & Covid 19

Anda wajib melampirkan surat vaksin seperti vaksin meningitis & covid 19 tahap 2 untuk anak berusia 6-18 tahun. Untuk mendapatkan vaksin meningitis khusus untuk anak usia di bawah 2 tahun, Anda perlu konsultasi ke dokter anak terlebih dahulu.

Mengurus Surat Keterangan Sehat

Selain surat vaksin, Anda juga harus mengurus perizinan lain yaitu surat keterangan sehat yang bisa Anda lakukan melalui aplikasi Tawakkalna. Di Indonesia, surat keterangan sehat ini diurus melalui aplikasi Satu Sehat (dulu Peduli Lindungi), namun untuk anak di atas 5 tahun. Sedangkan anak di bawah lima tahun tak memerlukan perizinan tersebut.

Bawalah Perlengkapan Umrah yang Memadai

Anda bisa mulai membuat daftar perlengkapan apa saja yang Anda perlukan untuk berumrah bersama anak-anak. Mulai dari pakaian (pakaian ihram, baju muslim, baju tidur, pakaian dalam), alas kaki, topi dan jaket, serta keperluan lainnya.

Anda juga harus mengantisipasi apabila anak Anda masih MPASI, atau tergolong anak yang pilih-pilih makanan, karena bisa jadi makanan yang diberikan pihak travel kurang cocok di lidah anak Anda. Anda dapat membawa lauk alternatif, MPASI instant, atau menyiapkan camilan kesukaan si kecil supaya lebih anteng ketika diajak beribadah umrah.

Selain itu, bila Anda sudah membawa stroller, Anda juga boleh menyewa kursi roda, karena ada tempat di mana stroller dilarang untuk masuk. Alternatifnya, sewalah kursi roda untuk membawa anak Anda supaya Anda (tak|tidak)) terlalu lelah menggendongnya.

Pilih Musim Umrah yang Tepat dan Cek Kondisi Cuaca

Beberapa pengalaman Mom & Dad yang membawa balita saat ibadah umrah, mereka memilih untuk melakukan perjalanan umrah pada akhir atau awal tahun, yakni sekitar bulan Desember hingga Februari. Alasannya adalah, cuaca sedang tak terlalu dingin, juga tidak terlalu panas. Sedangkan pertengahan tahun sebaiknya dihindari karena cuaca sedang panas-panasnya.

Sebaiknya, pilih paket umrah dengan pemberangkatan di sekitar bulan tersebut, agar si kecil dan Anda pun lebih nyaman saat beribadah. Selain itu, selalu cek kondisi cuaca ketika akan berangkat, sehingga Anda dapat menyesuaikan barang bawaan serta obat-obatan yang mungkin diperlukan untuk mengantisipasi cuaca di tanah suci.

Nah, bagaimana Mom & Dad, sudah punya gambaran kan, bagaimana beribadah ke tanah suci bareng balita atau anak-anak? Semoga artikel ini dapat membuka wawasan Anda supaya bisa bersiap untuk umrah terbaik bersama keluarga Anda.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id