Ini Dia Keutamaan Umrah Ramadhan yang Bikin Rajin Nabung Buat Mewujudkannya

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 06 Februari 2024, 11:11:11

Ketika Ramadhan, umat muslim berlomba-lomba untuk meraih pahala dengan melakukan ibadah. Termasuk ibadah umrah. Ibadah yang satu ini bisa dilakukan kapan saja, namun berumrah ketika Ramadhan memiliki keistimewaan jika dibandingkan umrah di bulan-bulan lainnya.

Salah satu keistimewaannya adalah pahala umrah Ramadhan setara dengan ibadah haji. Wah, menarik sekali ya, beribadah umrah tapi pahalanya seperti pahala haji. Daripada penasaran, yuk kita cari tahu keutamaan umrah Ramadhan serta tips untuk mewujudkannya.

sam-riz-ceNCWYqL8DY-unsplash.jpg

Photo by Sam Riz on Unsplash

Keutamaan Ibadah Umrah Ramadhan

Pertama, jika Anda berkesempatan untuk umrah Ramadhan, maka Anda akan mendapatkan pahala setara ibadah haji bersama Rasulullah. Ini berdasarkan hadits Bukhari Muslim berikut ini.

Dari Ibnu Abbas RA, ia berkata Rasulullah SAW pernah bertanya kepada seorang perempuan Anshar,

“Mengapa kamu tidak berhaji bersama kami?”

Wanita itu berkata, “Kami mempunyai seekor unta yang selalu dinaiki oleh ayah fulan dan anaknya (suami & anaknya). Dia meninggalkan unta itu tanpa diberi minum, lantas kami yang ditugaskan untuk memberi unta itu minum”

Kemudian Rasulullah bersabda, “Saat Ramadhan tiba, laksanakan umrah, karena umrah di bulan Ramadhan seperti ibadah haji.” (HR. Bukhari & Muslim)

Walau demikian, tidak berarti ibadah umrah Ramadhan dapat menggantikan ibadah haji. Seseorang yang mempunyao|memiliki kewajiban ibadah haji dan telah mampu tetap wajib menunaikan ibadah hajinya.

Yang dimaksud dalam hadits di atas adalah pahala berumrah Ramadhan setara dengan ibadah haji. Inilah yang menyebabkan umat muslim sangat ingin melaksanakan ibadah umrah di bulan Ramadhan.

Kedua, umrah ramadhan memberi kesempatan kepada umat muslim untuk meraih pahala yang sebanyak-banyaknya. Selain ibadah umrah, di tanah suci Anda dapat mengerjakan ibadah lain seperti shalat wajib, shalat sunnah, puasa, membaca Al-Quran, dzikir, bersedekah, dan sebagainya.

Bila hal itu dilakukan diluar ramadhan, sudah berpahala lebih saat Anda mengerjakannya di tanah suci. Apalagi bila waktunya adalah di bulan Ramadhan, dimana semua amal ibadah dilipatgandakan pahalanya. Anda dapat meraih pahala yang melimpah, apabila mampu melaksanakannya dengan hati yang ikhlas lillahi ta’ala.

Ketiga, mengejar untuk mendapat malam lailatul qadar di tanah suci. Anda tentu sudah memahami bahwa saat Ramadhan kita bisa meraih pahala yang besar yaitu 1000 bulan jika mendapat malam Lailatul Qadar. Umrah Ramadhan dengan segala keutamaannya memberi kita kesempatan untuk menjumpai malam lailatul qadar saat ibadah umrah.

Oleh karena itu, biasanya paket umrah yang laris adalah pada awal Ramadhan atau ketika 10 hari terakhir bulan Ramadhan, karena jamaah ingin meraih malam lailatul qadar saat berumrah.

Nah, itulah beberapa keutamaan umrah Ramadhan yang dapat memotivasi Anda untuk mulai merencanakan ibadah umrah di saat bulan yang penuh berkah tersebut. Lalu, bagaimana cara agar dapat berumrah di bulan suci Ramadhan?

Tips Berumrah Kala Ramadhan

  1. Siapkan kondisi fisik yang kuat untuk ibadah umrah dan puasa di tanah suci. Anda bisa berupaya menjaga stamina dengan mengatur pola makan yang baik dan berolahraga sehingga memiliki tubuh yang sehat untuk memaksimalkan ibadah Anda di tanah suci.
  2. Siapkan dana lebih. Paket umrah Ramadhan biasanya dihargai lebih tinggi sehingga Anda perlu menyediakan dana lebih banyak dari umrah biasa. Rencanakan tabungan untuk umrah Ramadhan, sehingga Anda dapat beribadah dengan fasilitas terbaik dari travel yang Anda pilih supaya ibadah lebih lancar dan nyaman.
  3. Fokus untuk beribadah karena Allah ta’ala. Walaupun memiliki keutamaan dibandingkan dengan umrah di bulan lain, umrah Ramadhan tidak boleh Anda pamerkan atau banggakan, sehingga mengotori niat baik itu sendiri. Sebaiknya, jangan merusak pahala yang Anda kumpulkan sebab Anda ingin riya’ atau pamer dengan ibadah umrah Ramadhan itu.
  4. Nikmatilah umrah Ramadhan Anda. Biasanya, suasana umrah di bulan Ramadhan lebih syahdu, karena terlihat jelas & keeratan persaudaraan umat muslim ketika Ramadhan. Mereka berlomba untuk menjamu makanan berbuka, sebab memberi makan berbuka orang yang berumrah tentu mereka berharap pahala senilai puasa & umrah orang tersebut. Resapilah saat berumrah dan jadikan motivasi agar bisa berumrah kembali di bulan Ramadhan.
  5. Jaga kebersihan diri & lingkungan. Ingat, segala perbuatan baik yang Anda kerjakan saat beribadah umrah akan dinilai pahala berganda. Maka pergunakanlah dengan selalu menjaga kebersihan diri & lingkungan, misalnya sesederhana Anda menjumpai sampah maka buanglah ke tempatnya supaya jamaah lain dapat merasakan tempat yang bersih & nyaman untuk beribadah.

Itulah keistimewaan umrah ramadhan, semoga artikel di atas dapat membuat|menjadikan)0 Anda lebih semangat untuk menabung agar dapat mewujudkan perjalanan yang sangat mulia tersebut. Selalu jaga kemurnian niat Anda untuk ibadah agar Allah menuntun Anda untuk lebih mudah menggapai tujuan Anda. Semoga berkah melimpah untuk Anda semua.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id